STRUKTUR ORGANISASI

Struktur Organisasi Kecamatan Maiwa Kabuapaten Enrekang dalam lingkup Kabupaten Enrekang terdiri dari:

a. Camat

b. Sekretariat Kecamatan terdiri dari :
1. Sub Bagian Keuangan
2. Sub Bagian Perencanaan

c. Seksi Pemerintahan

d. Seksi Ketentraman dan Ketertiban

e. Seksi Pembangunan

f. Seksi Kesejahteraan Sosial

g. Seksi umum

Tugas Pokok, Fungsi Dan Uraian Tugas:
Camat

1. Kecamatan dipimpin oleh Camat yang mempunyai tugas pokok memimpin Kecamatan dalam membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan tugas umum Pemerintahan dan sebagian urusan Otonomi Daerah yang dilimpahkan oleh Bupati.
2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), menyelenggarakan fungsi :
a. Pelaksanaan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah;
b. Pelaksanaan koordinasi kegiatan pemberdayaan masyarakat;
c. Pelaksanaan koordinasi upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
d. Pelaksanaan koordinasi penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan;
e. Pelaksanaan kordinasi pemeliharaan prasarana dan fasilitasi pelayanan umum;
f. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan;
h. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan / atau belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan;
i. Pembinaan dan pelaksanaan kesekretariatan Kecamatan;
j. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
3. Dalam menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Camat mempunyai uraian tugas sebagai berikut;
a. Membina, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan program dan kegiatan dibidang Pemerintahan, Sosial Kesejahteraan Rakyat, Pendidikan dan Kesehatan, Pertanahan, Ekonomi dan Pembangunan;
b. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
c. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
d. Membina penyelenggaraan pemerintahan Desa / Kelurahan;
e. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya;
f. Membina dan mengarahkan Sekretaris Kecamatan, para Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi dalam melaksanakan tugasnya:
g. Melakukan pembinaan dan pengendalian atas pengelolaan rumah tangga, administrasi kepegawaian, perlengkapan dan peralatan ( asset ) dan keuangan kecamatan;
h. Melakukan pembinaan terhadap kedisiplinan dan peningkatan kualitas pegawai dalam lingkup kecamatan;
i. Menyelenggarakan koordinasi dengan instansi atau unit kerja terkait;
j. Menilai prestasi kerja Sekretaris Kecamatan, para Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier:
k. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati;
l. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekda:
4. Bidang Pemerintahan, Sosial dan Kesejahteraan Rakyat, Pendidikan dan Kesehatan, Pertanahan, Ekonomi dan Pembangunan yang dimaksud pada ayat (3) meliputi kegiatan sebagaimana tersebut pada lampiran peraturan ini.

Sekretaris Camat
1. Sekretaris Kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris mempunyai tugas pokok membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan dibidang urusan perencanaan, keuangan serta memberikan pelayanan teknis dan administrative kepada unsure dalam lingkup kecamatan.
2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi:
a. Perumusan kebijakan teknis dibidang perencanaan, keuangan, perlengkapan dan asset;
b. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan urusan dibidang perlengkapan dan asset, perencanaan serta keuangan;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang, perlengkapan dan asset, perencanaan serta keuangan;
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan tugas dan fungsinya;
3. Dalam menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), mempunyai uraian tugas sebagai berikut;
a. Menyusun rencana program dan kegiatan Sekretaris Kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Menerima, meneliti, mengagenda dan mendistribusikan surat – surat masuk dan surat keluar;
c. Mengelola urusan rumah tangga
d. Mengelola urusan administrasi keuangan;
e. Mengelola urusan administrasi kepegawaian;
f. Mengelola urusan administrasi perlengkapan dan peralatan;
g. Mengkoordinasikan penyusunan laporan pelaksanaan program / kegiatan;
h. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat;
i. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Camat

Sub Keuangan

1. Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan, menghimpun, mengelola dan melaksanakan administrasi keuangan meliputi penyusunan anggaran, verifikasi, pembukuan dan pelaporan keuangan.
2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelanggarakan fungsi :
a. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang keuangan;
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas dibidang keuangan;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang keuangan;
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan yang tugas dan fungsinya;
3. Dalam menyelanggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mempunyai uraian tugas sebagai berikut;
a. Mempersiapkan bahan – bahan dan menyusun rencana kebutuhan anggaran pada lingkup Kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Mempersiapkan bahan – bahan dan menyelenggarakan tata laksana dibidang keuangan;
c. Mengkoordinasikan penyusunan rencana anggaran tahunan Kecamatan;
d. Mengelola dan melaksanakan verifikasi anggaran;
e. Mengelola dan melaksanakan pembukuan dan pelaporan keuangan;
f. Mengkoordinasikan evaluasi dan menyusun laporan keuangan pada lingkup Kecamatan;
g. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan kewenangan dan bidang tugas yang diberikan oleh Camat;
i. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris Camat;

Sub Perencanaan

1. Sub Bagian Perencanaan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan, mengelola dan melaksanakan urusan administrasi perencanaan
2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
a. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang perencanaan;
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas dibidang perencanaan;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang perencanaan;
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya;
3. Dalam menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun rencana dan jadwal kegiatan operasional tahunan Kecamatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Menghimpun dan mempersiapkan bahan penyusunan rencana;
c. Menghimpun dan mempersiapkan bahan penyusunan laporan
d. Mengkoordinasikan penyusunan rencana program dan kegiatan tahunan Kecamatan;
e. Mengkoordinasikan penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan pada lingkup Kecamatan;
f. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris Camat.

Seksi Pemerintahan

1. Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan tugas dibidang pemerintahan.
2 . Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
a. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang pemerintahan;
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas dibidang pemerintahan;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang pemerintahan;
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya;
3. Dalam menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun rencana program dan kegiatan seksi pemerintahan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Menyelenggarakan fasilitas Pemilihan Kepala Desa dan Badan Perwakilan Desa;
c. Menyelenggarakan lomba atau penilaian Desa / Kelurahan Tk. Kecamatan;
d. Menyelenggarakan fasilitas kerjasama antar Desa / Kelurahan dan penyelesaian perselisihan antar Desa / Kelurahan;
e. Memfasilitasi penataan Desa / Kelurahan dan Penyusunan Peraturan Desa;
f. Melaksanakan kegiatan administrasi kependudukan, inventarisasi asset daerah atau kekayaan daerah lainya yang ada di wilayah kerjanya.
g. Menyelenggarakan koordinasi dengan instansi atau unit kerja terkait;
h. Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas – tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
i. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan hasil pelaksanan kegiatan seksi pemerintahan;
j. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan kewenangan dan bidang tugas yang diberikan oleh Camat;
k. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Camat;

Seksi Ketentraman dan ketertiban

1. Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan tugas dibidang ketentraman dan ketertiban.
2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
a. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang ketentraman dan ketertiban.
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas dibidang ketentraman dan ketertiban.;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang ketentraman dan ketertiban.;
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya;
3. Dalam menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat ( 2 ) mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun rencana program dan kegiatan seksi ketentraman dan ketertiban sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Menyelenggarakan pembinaan ketentraman dan ketertiban ideology dan kesatuan bangsa, serta kemasyarakatan;
c. Melaksanakan koordinasi dan pembinaan kesatuan Polisi Pamong Praja dan perlindungan masyarakat di wilayah kerjanya;
d. Menyelenggarakan fasilitas pembinaan kerukunan hidup antar umat beragam
e. Menegakkan dan melaksanakan Peraturan Daerah dan Keputusan Bupati serta Peraturan Perundang – undangan lainnya di wilayah kerjanya.
f. Menyelenggarakan koordinasi dengan instansi atau unit kerja terkait;
g. Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas – tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
h. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan hasil pelaksanan kegiatan seksi ketentraman dan ketertiban;
i. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan kewenangan dan bidang tugas yang diberikan oleh Camat;
j. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Camat;

Seksi Pembangunan

1. Kepala Seksi Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan tugas dibidang pembangunan.
2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
a. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang pembangunan;
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas dibidang pembangunan;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang pembangunan.;
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya;
3. Dalam menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun rencana program dan kegiatan seksi pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Melaksanakan fasilitasi dan koordinasi penyelenggarakan pembangunan di wilayah kerjanya;
c. Melaksanakan dan memfasilitasi pemungutan atas pajak dan retribusi daerah di wilayah kerjanya;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan pembangunan swadaya masyarakat;
e. Menyelenggarakan pembinaan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan lembaga adat;
f. Menyelenggarakan fasilitasi kegiatan organisasi social / kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat ( LSM );
g. Menyelenggarakan koordinasi dengan instansi atau unit kerja terkait;
h. Memantau, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas – tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
i. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan hasil pelaksanan kegiatan Seksi Pembangunan;
j. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan kewenangan dan bidang tugas yang diberikan oleh Camat;
k. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Camat;

Seksi Kesejahteraan Sosial

1. Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam membina, mengkoordinasikan dan melaksanakan tugas dibidang kesejahteraan social;
2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
a. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dibidang kesejahteraan sosial;
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas dibidang kesejahteraan sosial;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang kesejahteraan sosial.;
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya;
3. Dalam menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat ( 2 ) mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Kesejahteraan Sosial sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan kegiatan program pendidikan, generasi muda, keolahragaan, kebudayaan, kepramukaan serta peranan wanita;
c. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan kegiatan program kesehatan masyarakat;
d. Melaksanakan fasilitasi penyelenggaraan sarana pendidikan dan pelayanan kesehatan;
e. Mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan dibidang pencegahan dan penanggulangan bencana alam, pengungsi dan masalah social;
f. Menyelenggarakan koordinasi dengan instansi atau unit kerja terkait;
g. Memantau, mangawasi dan mengevaluasi pelasanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas – tugas yang telah dan belum dilaksanakan;
h. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan hasil pelaksanan kegiatan Seksi Pembangunan;
i. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan kewenangan dan bidang tugas yang diberikan oleh Camat;
j. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris Camat;

Seksi Umum

1. Seksi Umum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan dan melaksanakan urusan umum dan kepegawaian meliputi pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat, kearsipan, tatalaksana, perlengkapan, kepegawaian dan tugas umum lainnya.
2. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyelenggarakan fungsi :
a. Penyiapan bahan kebijakan teknis dibidang umum dan kepegawaian;
b. Pemberian dukungan atas pelaksanaan tugas dibidang umum dan kepegawaian;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas dibidang umum dan kepegawaian.;
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya;
3. Dalam menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
a. Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi umum dan kepegawaian sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. Mengelola dan melaksanakan urusan rumah tangga dan protocol;
c. Mengelola dan melaksanakan urusan kepegawaian dan asset;
d. Mengelola dan melaksanakan urusan surat menyurat dan kearsipan;
e. Mengelola dan melaksanakan urusan perlengkapan / ketetalaksanaan;
f. Mengelola dan melaksanakan urusan umum lainnya;
g. Melaksanakan evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum dan kepegawaian;
h. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan kewenangan dan bidang tugas yang diberikan oleh Camat;
j. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris Camat;

  1. Abdul Walidain, S.Pd
    Januari 13, 2012 pukul 3:06 pm

    Maju terus dan bangun Maiwa menuju masyarakat yang makmur dan religius…
    Pada to matturu bangunnggi kampongta untuk anak na appota dau……

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: